Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

 Rifai's Blog. Setelah sebelumnya Saya memposting artikel mengenai MEMANFAATKAN ROUTER BEKAS INDIHOME UNTUK PARALEL INTERNET . Nah, pada kesempatan ini Saya akan kembali memposting dengan tema/pembahasan yang sama, yang membedakan adalah dari alat/hardware(perangkat kerasnya). Jika pada artikel/postingan sebelumnya Saya menggunakan Router ONT Fiberhome HG6243c, pada artikel/postingan kali ini Saya menggunakan Router ONT dengan Merk NOKIA type G-240W-F.


Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)


Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

Dan berikut ini langkah-langkahnya :

1. Reset terlebih dahulu Router ONT Nokia G-240W-F melalui tombol reset yang berada dibelakang menggunakan jarum mapun alat lainnya;

2. Colokkan Router ONT Nokia G-20W-F ke PC/Laptop menggunakan kabel LAN;

3. Ubah IP dari PC/Laptop menjadi 192.168.1.10 agar satu segmen dengan Router ONT Nokianya;

4. Buka web browser dan masukkan alamat 192.168.1.1 pada address bar pada web browser kita;

5. Login menggunakan akun :

User : support
Password : theworldinyourhand

6. Klik pada menu Network, kemudian klik LAN, kemudian ubah mode port LAN menjadi route semuanya, perhatikan gambar di bawah ini :


Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

Jangan lupa klik save.

7. Masih di Menu Network dan LAN, ubah IP nya menjadi 192.168.1.3, kenapa Saya mengubah IP nya menjadi IP tersebut? jawabannya adalah karena IP router utama Saya adalah 192.168.1.1, kenapa tidak diubah menjadi 192.168.1.2 saja? jawabannya adalah karena IP 192.168.1.2 sudah Saya gunakan pada router paralel lainnya. Dan tentunya DHCP pada router utama juga sudah Saya ubah menjadi 192.168.1.11 sampai dengan 192.168.1.254, jadi antara IP 192.168.1.2 sampai dengan 192.168.1.10 kosong, dan nantinya akan Saya berikan/isikan pada router paralel lainnya.

Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

lakukan settingan seperti gambar di atas, kemudian jangan lupa klik save.

Selanjutnya adalah setting untuk nama wifi/SSID (bahasa kerennya). Dan berikut ini langkah-langkahnya :

Oh iya, router ONT NOKIA G-240W-F ini juga merupakan router ONT bekas dari Telkon Indihome ya Sobat Blogger, dan default nama wifi/SSIDnya ada 4, dan disini Saya hanya akan mengaktifkan 1 (satu) nama wifi/SSID saja, dan untuk melakukannya silahkan Sobat Blogger klik pada menu Wireless (2.4GHz) pada menu Network :

Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

Kemudian scroll ke bawah, tepatnya pada opsi SSID Configuration silahkan klik pada combo box pada opsi SSID Select, dan pilih SSID yang akan kita non aktifkan :

Disini Saya hanya akan mengaktifkan SSID 1 saja, jadi SSID 2-4 Saya non aktifkan, caranya :

Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)


Lakukan settingan seperti pada gambar di bawah ini untuk SSID 2-4 :

Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)


Ingat ya, SSID 2-4, lakukan persis seperti gambar di atas. Dan jangan lupa klik save.

Kemudian pidah lagi ke SSID 1 yang akan kita aktifkan, klik pada combo box pada opsi SSID Select, dan lakukan settingan sesuai dengan yang Sobat Blogger inginkan. Pada contoh Saya melakukan settingan seperti pada gambar di bawah ini :

Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi)

SSID Name/Nama Wifi : Saya ubah menjadi ..:: Rifai's Wifi ::.
Enabled SSID : enable
SSID Broadcast : enable
Port Mode : Route
Encryption Mode : WPA/WPA2 Personal
WPA Encryption Mode : TKIP/AES
WPA Key  : bebas (password wifi)
Enable WPS : disable.

dan jangan lupa, klik save.

Nah, demikian cara untuk Memanfaatkan ONT Nokia G-240W-F Untuk Paralel Internet (Wifi), mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Sekian, terimakasih, dan Selamat Mencoba.

#RouterBekasIndihome
#ONTNokia
#ParalelInternet

5 Comments

  1. Cara mengaktifkan semua Port jadi "Route Mode" bagaimana ya ? soalnya saya coba rubah selalu kembali semula hanya Port 3 saja Route padahal sudah pakai user diatas, mohon bantuannya Bos. Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu2 mas, select SSD1 terus ubah sesuai keingin kita. Kemudian Klik Save, berikutnya select SSD2 dan seterusnya

      Delete
  2. Untuk port USB Kita gunakan dengan dongle modem huwai apakah bisa kak?

    ReplyDelete
  3. saya setting pake user admin password admin
    Kok gak bisa ya mas..
    Apa username nya :support pasword theworldinyourhand

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah Sini