Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet

Rifai's Blog. Hallo Sobat Blogger semuanya, selamat datang di Blog Sederhana Saya ini, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini Saya kembali bisa untuk menyapa Sobat Blogger semuanya melalui sebuah artikel/postingan ini. Tak lupa dan tak kan ada bosannya Saya ucapkan banyak terimakasih kepada Anda semuanya (Sobat Blogger) yang sudah mengunjungi Blog Saya ini.

Pada kesempatan ini, kembali Saya kan berbagi mengenai Networking, dimana pada kesempatan ini yang akan Saya bahas adalah tentang Cara Memanfaatkan Router Bekas Indihome untuk media berbagi koneksi internet

Berbagi internet disini yang Saya maksud adalah Router bekas dari Indihome akan Saya gunakan sebagai paralel koneksi internet dari Router yang masih terkoneksi dengan jaringan ISP Telkom (Indihome)

Untuk kronologinya kasusnya adalah sebagai berikut :

Tetangga sebelah rumah Saya pernah menjadi pelanggan dari ISP Telkom (Indihome), kemudian sudah tidak lagi berlangganan, dan Alhamdulillahnya Router bawaan dari ISP Telkom tersebut tidak diambil oleh pihak Telkom. Kemudian tetangga Saya tersebut ingin supaya dia berlangganan internet ke Saya... 😎😎😎 (Maaf kalau bahasanya acak kadul)....

Karena dia (tetangga Saya) masih memliki Router Bekas dari Indihome tersebut, jadi mempermudah Saya untuk membagikan koneksi intenet dari rumah Saya. Dan berikut ini langkah-langkah yang Saya terapkan :

Alat dan Bahan

  1. Router Bekas (Indihome);
  2. Kabel LAN :  panjang 1,5 meter sebagai media untuk koneksi dari Router Bekas Indihome ke Laptop Saya, dan kabel LAN panjang disesuaikan dengan jarak rumah tetangga Saya ke rumah saya (disesuaika, disini Saya menggunakan kabel LAN dengan panjang 25 meter); dan
  3. Laptop/PC.
 Tahap Awal

1. Setting Router Indihome Saya (sebut saja server)

Pada Router Saya dari pihak Telkom (Indihome) memberikan IP pada Routernya adalah 192.168.1.1, dan secara default IP DHCP dari Router tersebut adalah 192.168.1.2-192.168.254. Disini Saya akan mengubah IP DHCP tersebut menjadi 192.168.1.100-192.168.1.254, dengan tujuan agar IP 192.168.1.2 sampai dengan 192.168.1.99 menjadi IP Static yang akan Saya gunakan untuk IP client nantinya, sebenarnya tidak usah sampai 192.168.1.99 disesuaikan saja dengan keinginan Sobat Blogger semuanya,...

Untuk mengubah IP tersebut pada Router utama (server) langkahnya adalah 
1. Hubungkan Laptop/PC dengan Router utama (server) menggunakan kabel LAN atau pun Wifi. Disini Saya menggunakan Wifi, karena yang saya gunakan adalah Laptop.
2. Buka Web Browser, Mozila Firefox atau pun yang lainnya. Kemudian ketikkan alamat 192.168.1.1 dan login menggunakan akun Router utama kita (deafult user admin dan password admin).
3. Setelah masuk di Web Management Router utama (server) klik pada menu Network, kemudian klik pada menu LAN Setting, perhatikan gambar di bawah ini :

Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet



4. Pada halaman LAN Setting ubah IP DHCP seperti yang Saya tuliskan di atas, atau sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, kira-kira seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini :

Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet

Jika sudah, jangan lupa klik Apply. Kemudian logout.

Untuk setting pada router utama (server) selesai, sekarang kita setting router kedua (client), dan berikut langkah-langkahnya :


2. Setting Router Bekas Indihome (untuk client)

Router kedua (untuk client) kebetulan memakai router merk Fiberhome HG6243c, penampakkannya seperti pada gambar di bawah ini :
Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet




Dan kebetulan juga, dari pihak Telkom (Indihome) memberikan IP pada router ini sama seperti pada router Saya. Jadi sama persis pada saat kita membuka halaman (web management) router ini melalui web browser dan memanggil menggunakan IP 192.168.1.1 

Dan sekali lagi, tampilan dari web managementnya pun sama persis seperti router milik Saya. 😎😎😎... Karena IP router ini sama dengan IP router Saya, jadi Saya harus mengubah IP dari router ini, dan IP yang akan saya berikan pada router ini adalah 192.168.1.2, karena pada router utama sudah Saya setting untuk DHCP IP nya adalah dimulai dari 192.168.1.100 sampai 192.168.1.254, jadi IP 192.168.1.2 yang akan Saya berikan ke router client ini merupakan IP Static yang belum terpakai di IP router server Saya.

Oh iya, untuk masuk ke web management router Fiberhome HG6423c ini saya menggunakan akun seperti di bawah ini :

User : admin
Password  : %0|F?H@f!berhO3e

Akun tersebut merupakan akun root agar kita bisa mengakes router ini secara penuh, kemudian setelah kita masuk ke halaman web managementnya kita klik menu Network kemudian LAN Setting :


Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet

Setting yang Saya lakukan adalah seperti pada gambar di atas :

LAN Interface : 192.168.1.2
Subnet Mask  : 255.255.255.0
DNS Source : saya pilih Relay
Prefix Mode : Network Connection
DHCP Service : Disable

Kemudian klik Apply.
Kemudian setting SSID/Wifi untuk Cient kita klik pada menu  Network, Wlan Setting, Advanced, kemudian saya melakukan setting seperti di bawah ini :

Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet

SSID Choice saya pilih 1, karena nantinya hanya ada 1 SSID (nama Wifi)
SSID Name : Saya beri nama .:: FAIS-WIFI::. (bebas, disesuaiken keinginan)
Security Mode : Saya memilih WPAPSKWPA2PSK
WPA(Wi-fi Protected Access) Saya memilih TKIPAES
Passphrese : isikan password sesuai dengan keinginan

Jika sudah, klik pada tombol Apply.

Sampai disini sudah selesai dalam menyeting router client.

Kesimpulan :
Dengan menggunakan metode/topologi di atas terdapat kelemahan dan kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kelemehan
Kita sebagai server tidak bisa membatasi Bandwith yang keluar ke router client

Kelebihan
Kita bisa mengakses router client tanpa harus terkoneksi ke router client tersebut.

Demikiakan pembahasan mengenai Memanfaatkan Router Bekas Indihome Untuk Paralel Internet, mudah-mudahan apa yang sudah Saya sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.
Selamat mencoba, dan terimakasih atas kunjungan Anda semuanya.

#FiberHomeHG6243c
#RouterBekasIndihome

2 Comments

  1. Apakah cara ini bisa untuk membagi koneksi ke 2 router?

    ReplyDelete
  2. Bisa pastinya, akan lebih bagus lagi kalo routernya ada Port WAN nya, karna nntinya kinerja router ga begitu berat Bro

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Di Bawah Sini